Monday 11 May 2020

Pelaksanaan Tugas Mata Kuliah (TMK)

Sesuai arahan Rektor dan Kementerian Pendidikan, kegiatan akademik selama Pandemi Covid-19 dilakukan sepenuhnya dari rumah (Study From Home), oleh karena itu perubahan kebijakan layanan akademik D3/S1 bagi mahasiswa yang melakukan registrasi mata kuliah namun tidak mengikuti tutorial tatap muka/Tuweb maupun tutorial online dapat mengerjakan Tugas Mata Kuliah (TMK), pada saat pertama kali TMK penggunaannya menggantikan UAS, namun sejak 2020.2 UAS tetap dilaksanakan meskipun sudah ada TMK, jadi penentuan lulus mata kuliah tertentu ada pada UASnya, sedangkan TMK hanya sebagai bantuan belajar, detail dan teknis mengenai TMK sebagai berikut :
  1. Tugas Mata Kuliah (TMK) adalah perlakuan akademik untuk memicu dan mengawal proses dan kemajuan belajar (learning progress) mahasiswa yang sepenuhnya dilakukan secara mandiri, khusus bagi mahasiswa yang tidak mengikuti tutorial (TTM/Tuweb dan Tuton) dan Tetap Harus UAS.
  2. Mahasiswa  mengerjakan 3 TMK untuk setiap mata kuliah yang di registrasikan, hasil jawaban bisa dilakukan dengan tulisan tangan atau di ketik. Tugas Mata Kuliah termasuk mata kuliah ujian ulang atau ujul yang tidak mengikuti Tuweb dan Tuton, TMK tidak tidak termasuk mata kuliah praktek/praktikum dan juga TAP.
  3. Mahasiswa peserta TMK merupakan mahasiswa yang sepenuhnya melakukan kegiatan belajar secara mandiri, tanpa meregristrasi/mengikuti tutorial baik melalui Tuton maupun TTM/Tuweb.
  4. Pendistribusian Soal TMK ke mahasiswa pada :
    • Tugas 1 (22 April – 27 April 2024)
    • Tugas 2 (6 – 11 Mei 2024)
    • Tugas 3 (20 Mei – 25 Mei 2024) 
  5. Jadwal unggah jawaban TMK ke mahasiswa pada :
    • Tugas 1 (23 April – 28 April 2024)
    • Tugas 2 (7 – 12 Mei 2024)
    • Tugas 3 (21 Mei – 26 Mei 2024) 
  6. Dalam mengikuti TMK, mahasiswa melakukan hal-hal sebagai berikut :
    • Mempelajari modul atau bahan ajar mata kuliah secara mandiri (individual atau kelompok) dan bahan pengayaan yang terdapat dalam website UT. Apabila terdapat konsep-konsep penting yang sulit dipahami, silakan menghubungi Program Studi masing-masing.
    • Memperoleh dan mengerjakan dengan baik soal TMK 1-3 yang dikirimkan UT.
    • Menghindari pelanggaran etika akademik dengan meng-copy atau menyalin jawaban mahasiswa lain karena nerpotensi akan terkena hukuman nilai.
    • Melapor dan menghubungi segera ke UPBJJ-UT Jakarta apabila belum menerima soal TMK.
    • Mengirimkan jawaban TMK 1-3 cara mengunggahnya ke laman tmk.ut.ac.id.
  7. Pastikan semua TMK dikerjakan dengan baik dan lengkap serta dikirimkan tepat waktu, beserta referensi bahan ajar yang dibutuhkan.
  8. Bagi mahasiswa yang termasuk dalam daftar peserta TMK UT Jakarta dibawah ini dapat login di aplikasi tmk.ut.ac.id dengan username nim dan password tanggal/bulan/tahunlahir mahasiswa (contoh : 01/02/1995). Ketika Garis Miring /.
  9. Nilai TMK berkontribusi 30% terhadap nilai akhir UAS dengan catatan skor UAS minimal 30.
  10. Bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah PKP, file laporan PKP (beserta lampiran) di upload pada laman tmk.ut.ac.id pada kolom Tugas 3 dan artikel karya ilmiah (karil) di upload pada laman karil.ut.ac.id  dan mohon agar melihat jadwal untuk unggahnya di kalender akademik.
  11. Alur untuk unduh Naskah adalah : Masuk ke Menu --> Pelaksanaan --> Unduh Naskah
  12. Pengerjaan TMK bisa menggunakan diketik dengan file word atau bisa mengerjakan tulisan tangan dengan kertas yang harus jelas dan di rubah format ke bentuk digital pdf dengan jelas maksimal 2MB, pastikan informasi data sesuai cover BJT seperti ini :




Selamat mengerjakan, jangan lupa dicicil dan juga dikerjakan dengan baik dan benar, ingat aturan dan juga tata tertib yang ada di laman tmk.ut.ac.id yaaa 😀



95 comments:

  1. Selamat malam, saya sudah coba untuk masuk dengan tanggal,bulan,tahun lahir namun tidak bisa log in. Mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan tanggal bulan dan tahun lahir menggunakan garis miring : 01/02/1995, atau bisa contoh nimnya?

      Delete
    2. Malam, Pak. Saya juga tidak bisa masuk. Password saya dinyatakan salah. Bagaimana solusinya.

      Delete
    3. apa sudah sesuai mas? dengan garis miring

      Delete
    4. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    5. Assalamu 'alaikum.
      pak yg tmk buat tgl 19 oktober belum ada mk nya ya.ko mk nya msh yg kemaren ya?

      Delete
    6. Assalamualikum saya sdh coba namun tidak bisa tertulisnya failed no record

      Delete
    7. Assalamualaikum sejak saya menerima SMS dari UPBBJ dan membuka Link TMK namun tidak bisa. apakah memang belum dapat bisa di akses WEB TMKnya? dan bagaiaman saya dapat mengerjakan Tugas sedangkan Modul semester ini saja saya belum ada menerimanya sampai dengan hari ini tanggal 19 Oktober 2020. mohon tanggapannya pak terima kasih.

      Delete
    8. Mohon arahan untuk login tidak bisa, sudah sesuai petunjuk NIM dan tanggal lahir dan sudah dikasih garis miring.

      Delete
    9. Alhamdulillah sudah bisa, login mahasiswa nya tersembunyi

      Delete
    10. Saya juga tidak bisa login..ada peringatan NIM BELUM TERDAFTAR

      Delete
    11. Malam. Saya malam ini bermaksud upload tugas saya. Tp tmk.ut.ac.id tidak dapat diakses. Padahal besok batas terakhir upload dan besok pas tanggal merah. Mohon bantuan. Terima kasih.

      Delete
  2. Sampai saat ini blm bs mengunduh tugas 1. Mohon dgn sangat bantuannya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunakan laptop.. sudah dicoba? apa ada kendala?

      Delete
    2. Asslm,,selamt malam pak,,saya mau tanya pak,,sya kn sudah terlanjur registrasi tuton tetapi sya tidak mengikutinya,,,apakah sya nanti akan mendapat TMK pak?

      Delete
  3. Sampai saat ini sy blm bisa mengunduh tugas 1. Mohon dgn sangat bantuannya. Tks

    ReplyDelete
  4. Sampai saat ini sayapun masyk dengn user dan passrw salah terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah nya bgmn mbak? pastikan tanggal bulan dan tahun lahir menggunakan garis miring : 01/02/1995, atau bisa contoh nimnya?

      Delete
  5. Saya sudah mengerjakan tugas tmk ini dari tggal 5 April 2020 sebelum batas tanggal yg sdh ditentukan berikut saya jga pya bukti pengiriman tugas dan filenya, tapi kenapa nama saya msh tercantum blm mengerjakan tugas? Mohon menjadi perhatian dan koreksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik akan di update kembali, jika sudah abaikan saja mas

      Delete
  6. Mohon bantuanya,
    Saya lupa kata sandinya,
    Mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata sandi tanggal bulan dan tahun lahir menggunakan garis miring : 01/02/1995, atau bisa contoh nimnya?

      Delete
  7. Saya lupa kata sandi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata sandi tanggal bulan dan tahun lahir menggunakan garis miring : 01/02/1995, atau bisa contoh nimnya?

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Mohon Info, Adakah Whatsapp Grup Mahasiswa Fak. Hukum UT Jakarta...
    Mohon di ADD No HP (081242555009)

    ReplyDelete
  10. Pak...kalau yang BI gimana ...ikut juga pak...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. BI sudah tersedia TTM atau Tuweb, kecuali ada ujul atau mata kuliah ulang yang tidak mengikuti tuweb atau tuton

      Delete
    2. Y pak saya ada her matematika udh 3 x gmn pak ...mohon info nya trimakasih

      Delete
    3. Saat ini di UT ada tugas mata kuliah atau remediasi.. jika sudah 3x bisa mendapatkan tugas tsb

      Delete
  11. Saya ko blm bisa mengunduh soal nya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunakan laptop.. apa sudah bisa masuk atau log in?

      Delete
    2. berulang saya gunakan password yg benar tapi muncul password salah, gimana?

      Delete
  12. selamat malam UT, , saya kesulitan untuk membuka buku jawaban tugas mata kuliah . tugas 1 karena mau kirim jawaban tidak bisa. mohon dibantu, mengingat hampir waktu date line nya. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di info tidak bisanya bagaimana

      Delete
    2. Saya mau unggah jawaban belum bisa gmna ya? Batas waktunya dikit lagi

      Delete
  13. mohon bantuannya, pak...
    hingga saat ini saya belum berhasil men-download naskah soal
    sementara waktu sudah semakin mepet… saya betul- betul panik…
    tolong bantu ya, pak...
    terimaksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa mendownloadnya bagaimana ibu.. apa sudah menggunakan laptop?

      Delete
  14. Saya sudah kirim BJT nya tapi kode/nama UPBJJ nya salah. Saya isi 31717/jakarta selatan, harusnya 21/jakarta. Tapi sudah terkirim. Apakah bermasalah?

    ReplyDelete
  15. Saya tidak dapat mengunggah BJT,karena menu "Unggah BJT" ketika di klik tidak bereaksi apa-apa. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  16. Saya gak bisa login
    Keterangan sandi salah terus.
    Padahal sidah benar sandinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 01/02/1995). Ketika Garis Miring / sudah pak> bisa bantu datanya?

      Delete
  17. Saya sdh mengerjakan TMK tp kenapa masih masuk email pemberitahuan untk mengerjakan ? Mohon bantuannya apakah py saya blm masuk atau bgm

    ReplyDelete
    Replies
    1. abaikan saja jika sudah mengerjakan dan masuk berkasnya

      Delete
  18. Saya dapat sms untuk login TMK tapi ketika saya login dengan petunjuk yang ada tidak berhasil dan bertuliskan merah pengguna tidak terdaftar

    Bagaimana yaa Pak? apa saya tidak termasuk dalam tmk

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Maaf Bapak saya tidak bisa masuk di tmk. Ada tulosan merah tudak terdaftar
      Saya sudah mengikuti arahab pakai garis miring...
      Bagaimana yaa Pak?

      NIK : 021148026

      Delete
  19. Saya sedang berusaha log in tetapi sandi dinyatakan salah , padahal benar sesuai petunjuk tanggal bulan lahir

    ReplyDelete
  20. Sy udah unggah jwbn tmk dgn bukti 1 berkas masuk warna biru.tp knapa tgl 14 sy dpt email supaya meng unggah jwbn

    ReplyDelete
    Replies
    1. abaikan emailnya mas karena blast,. jika sudah mengerjakan tidak apa

      Delete
  21. Kalo utk upload TMK 1 melebihi tgl 15 gimana pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uploadnya sampai tanggal 20 ditunggu ya mas

      Delete
    2. Selamat siang kak ,saya coba masuk tqpi ga bisa bisa ya

      Delete
  22. Tgl 18 Mei sy blm dapat tugas tmk yg k 2.knp ya pak ???

    ReplyDelete
  23. Maaf pa, apakah saya bisa lihat nilai tmk 1 ?

    ReplyDelete
  24. Maaf pak untuk TMK matkul PKP apakah harus hanya s.d 2MB?
    🙏

    ReplyDelete
  25. Maaf sya ada her uas ips gimana ya pak, mohon solusinya...?

    ReplyDelete
  26. Maaf pak...sy blm dpt tugas yg ke 3 gmn ...mksh

    ReplyDelete
  27. Maaf pak...sy blm dpt tugas yg ke 3 gmn ...mksh

    ReplyDelete
  28. Pak, bagaimana dengan TAP ya? Kapan dimulainya ya? Saya sudah registrasi dari bulan Februari 2020. Hari ini sudah tanggal 20 September 2020.
    Mohon Informasinya Pak, Terima kasih

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. Pak saya sudah login aplikasi TMK tapi keterangan nya NIM tidak terdaftar, tlg solusinya pak🙏

    ReplyDelete
  31. Selamat pagi, Hingga siang ini belum dapat login. Mohon di maintenance servernya pliss admin :)

    ReplyDelete
  32. Selamat siang. Kira-kira sampai jam berapa agar website tmk.ut.ac.id dapat diakses? Karena saya sudah coba secara berkala dari pagi hingga siang ini tapi belum dapat diakses. Mohon jawabannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Saya coba akses ke tmk.ut.ac.id kok tidak bisa ya?

    ReplyDelete
  34. Saya mau daftar tutin waktu itu login gak bisa trs, akhirnya gak ikut tuton. Mohon sarannya gimana supaya saya bisa ikut tuton, karena semester ini saya gak ada nilai. Tlp ke Cs ga di angkat

    ReplyDelete
  35. Selamat pagi.
    Maaf pak/Bu mau tanya.
    Matakuliah sy yg di tmk.in kok cuma 5 ya pak/Bu
    Sedangkan registrasi sy 6matakuliah

    Mohon bantuannya pak/bu?🙏🙏

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Mohon bantuannya saya mau unduh soal tmk kok gax bisa bisa ya ..??

    ReplyDelete
  38. Formatnya apa untuk jawaban dari tugas yang sudah dikerjakan / mau dikirimkan?.

    ReplyDelete
  39. Mat mlm,sya udah coba dari pagi tapi ngak bisa ke buka linkx

    ReplyDelete
  40. Sampai saat ini, sy sudah mencoba beberapa kali utk masuk dan mengundu, akan tetapi belum.bisa juga, mohon arahan selanjutnya, terimakasih

    ReplyDelete
  41. Sya sudah unduh jwbn tmk d tgs 1,tpi knpa warnany berubah jdi merah pertamanya warna biru.Yg saya mu tanyakan sudah masuk belum file jwbnny? Trimaksih

    ReplyDelete
  42. Saya sudah mencoba akses nya tapi blm bisa kebuka . Mohon bantuanny

    ReplyDelete
  43. Saya lupa pasword hiks. Mohon dibantu solusi

    ReplyDelete
  44. Masi agak susah untuk mengunduh naskah, berharap lebih mudah lagi

    ReplyDelete
  45. Selamat pagi saya mohon bantuannya saya sudah coba untuk login. tapi ketika saya mau memasukan paswor tidak bisa. jangankan masuk mengetik paswordnya aja ada tanda lingkaran merah. kenapa y mohon solusinya. karena saya ingin segera mengerjakan tugasnya

    ReplyDelete
  46. Selamat malam,
    Mengapa ya saya masuk ke tmk.ut.ac.id link nya sudah kadaluarsa.
    Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  47. Selamat malam, sya mau masuk untuk download soal tmk, kok gak bisa2, apkah yang punya soal, atau kasih solusi untuk masalah sya

    ReplyDelete
  48. tanggal 28 Oktober 2020 mulai jam 8 link tidak dapat dibuka

    ReplyDelete
  49. saol TMK dari selamalam tak bisa di unduh....bagaimana pak.kita mau ngerjakan tugas ni

    ReplyDelete
  50. saol TMK dari selamalam tak bisa di unduh....bagaimana pak.kita mau ngerjakan tugas

    ReplyDelete
  51. admin mohon bantuanya,,,saya kemarin mau unggah tugas bjt tapi jaringan sya kurang bagus, padahal sudah hari terakhir pengumpulan tugas,,,kira2 mohon bantuanya,,spya tugas sy bisa d kirm dan tidak berpengaruh terhadap nilai saya,,trimkasihh

    ReplyDelete
  52. Untuk melihat nilai tugas 1 itu dimana ya?

    ReplyDelete
  53. Sangat di sayangkan watshapp yang di pajang di kantor Ut yang di bypass tidak ada respon, mau regis tapi gak bisa.

    ReplyDelete
  54. Selamat malam,

    Saya coba masukan akun untuk cek TMK, namun saat memasukan NIM tertera informasi " saya tidak mendapat TMK. TMK hanya diperuntukan untuk mata kuliah yang tidak ditutorialkan (Tuton & TMK), serta bukan mahasiswa Sipas online atau sipas Penuh.

    Padahal saat registrasi tidak mencantumkan Tuton.

    Terimakasih

    ReplyDelete