Tuesday 24 December 2019

Perbedaan Skema Layanan SIPAS di Universitas Terbuka

Pada kesempatan ini, saya akan mengulas lebih detail mengenai Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS). Pada umumnya, skema layanan di Universtas Terbuka terdiri dari SIPAS NON TTM, SIPAS SEMI, SIPAS PENUH, SIPAS PLUS, SIPAS ONLINE dan Non SIPAS. Nah banyak banget kan jenis SIPASnya, perbedaan ini memiliki fungsi dan tujuan tertentu.. jadi bingung kan.. yuk pegangan...

Secara umum, memilih layanan SIPAS berarti mahasiswa tidak perlu pusing untuk memilih mata kuliah apa yang akan diregistrasikan, karena sistem UT sudah secara otomatis menetapkan paket mata kuliah yang harus ditempuh pada semester yang sesuai dengan arahan (mata kuliah ini tersaji pada katalog kurikulum yang dapat dilihat di katalog kurikulum atau website UT). Bagi mahasiswa dengan layanan NON SIPAS, harus memilih mata kuliah yang akan diregistrasikan agar penempuhan mata kuliah lebih terarah dan bebas, sebagai tambahan, maksimal mata kuliah yang bisa diregistrasikan setiap semester adalah 24 sks, nah sekarang kita bahas perbedaannya : 

1. SIPAS NON TTM
Layanan ini merupakan jenis layanan yang sangat memungkinkan untuk mahasiswa lulusan SMA yang belum pernah kuliah dan tidak ikut kelompok belajar, tidak terikat minimal jumlah dan sangat cocok untuk mahasiswa mandiri.
Komponen layanan pada SIPAS NON TTM adalah : Orientasi Studi Mahasiwa Baru (OSMB), Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ), layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, praktik/ praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah (Karil), Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI).

2. SIPAS SEMI (TTM wajib maksimal 3 mata kuliah)
Layanan ini merupakan jenis layanan dengan kuota minimal 25 mahasiswa per kelas dan hanya ditawarkan untuk mahasiswa kerja sama atau mitra dengan perjanjian kerja sama atau MoU.
Komponen layanan pada SIPAS SEMI adalah :OSMB, PKBJJ, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI.

3. SIPAS PENUH (TTM wajib seluruh mata kuliah)
Layanan ini merupakan jenis layanan dengan kuota minimal 25 mahasiswa per kelas dan hanya ditawarkan untuk mahasiswa kerja sama atau mitra dengan perjanjian kerja sama atau MoU.
Komponen layanan pada SIPAS PENUH adalah :OSMB, PKBJJ, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/

4. SIPAS PLUS (TTM wajib seluruh mata kuliah+ Pelatihan)
Layanan ini merupakan jenis layanan dengan kuota minimal 25 mahasiswa per kelas dan hanya ditawarkan untuk mahasiswa program Beasiswa Bidik Misi atau mitra dengan perjanjian kerja sama atau MoU.
Komponen layanan pada SIPAS PLUS adalah : OSMB, PKBJJ, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI dan pelatihan pengembangan diri.

5. SIPAS ONLINE (Bahan Ajar Digital + Ujian Online)
Layanan ini merupakan jenis layanan yang sangat memungkinkan baik bagi mahasiswa lulusan SMA Sederajat, atau yang memiliki keterbatasan baik waktu dan padatnya aktivitas.
Komponen layanan pada SIPAS ONLINE adalah :OSMB, PKBJJ, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital, praktik/praktikum Online, Tuton, Ujian Online, TAP, Karil, Wisuda/UPI.

6. SIPAS mahasiswa layanan luar negeri
Layanan ini merupakan jenis layanan yang hanya diberikan kepada mahasiswa UT yang berdomisili di Luar Negeri, satuan biaya berbeda dengan mahasiswa dalam negeri dan pelaksanaan tutorial maupun ujiannya juga ada perbedaan dengan mahasiswa di Indonesia.

7. Non SIPAS
Dalam memilih mata kuliah, mahasiswa dianjurkan untuk mengacu pada paket semester dalam kurikulum (lihat kolom paket semester dan jumlah sks untuk masing-masing program studi), biaya yang dikenakan hanya persks belum termasuk bahan ajar cetak. 

Keterangan:
1) Jumlah peserta SIPAS Plus, Penuh, dan Semi minimal 25 mahasiswa per kelas.
2) SIPAS Plus hanya ditawarkan untuk mahasiswa Bidikmisi dan kerja sama.
3) SIPAS Online hanya ditawarkan untuk Program Studi S1: Manajemen, Matematika,
Pendidikan Matematika, dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan
4) SIPAS mahasiswa layanan luar negeri belum termasuk biaya kirim BA.
5) Jenis layanan SIPAS bisa melakukan proses alih kredit dengan skema blok transfer pembebasan semester, sedangkan NON SIPAS alih kredit dibebaskan dengan banyaknya mata kuliah yang diajukan dan disetujui oleh tim penilai dari fakultas.

51 comments:

  1. Kak, saya daftar Non SIPAS. Tapi mengirim Surat keterangan tidak pindah layanan SIPAS, itu masalah gak ya.. soalnya saya kira Surat itu ditujukan untuk semua layanan SIPAS sebagai perjanjian jangan pindah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya lebih baik sipas non ttm paling murah diantara sipas yang lain, serta serta kita itu kaya udah diurus gituh sama UT, SKS yang duperlukan dalam semseter beserta jangka waakt7nya harus selesai plus dapat bahan ajar, jadi kita tinggal fokus belajar karena semua sudah di atur oleh UT, gak perlu ribet sana-sini, beli SKS maandiri, beli bahan ajar lagi, kalau ada apa-apa pusing sendiri karena beda dari yang lain.

      Delete
    2. Apakah sipas non ttm itu.... Kuliah online? nggak tatap muka atau nggak masuk ke kampus

      Delete
    3. Kak mau tanya, kan sy ini honorer pegawai harian lepas, bisa di bilang bekerja 24 jam, langkah sy udah benarkah kalau ambil non sipas

      Delete
  2. saya lagi mempertimbangkan untuk kuliah. tp saya bingung perbedaan yang jelasnya dari bbrp sipas ini. terutama bedanya sipas non ttm dan sipas online. yg full online danbgak perlu ke kampus yang mana setelah pendaftaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya cek ijazah terakhir, klo sudah pernah kuliah baiknya ambil non sipas karena mata kuliah bs maksimal dan bebas.. klo masukan SMA ambil sipas non ttm

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Kak ttm itu wajib kah?bsaya masih bingung. Daya kira hanya tuton saja

    ReplyDelete
  5. Kak mau kalau misalnya udah ambil sipas non ttm kemudian semester depannya ganti layanan sipas lain bisa ga kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa kak, pilih 1 sampai lulus nanti

      Delete
    2. Izin menjawab ka, saya mahasiswa ut tahun 2021.2 yap maba sekarang. Untuk pindah ke sipas lain bisa ka, namun tidak untuk pindah ke non sipas.

      Delete
    3. Mohon maaf izin bertanya kak, apakah perbedaan sipas non ttm dan sipas online itu hanya di ujian online saja? Sedangkan kalo sipas non ttm ujiannya offline?

      Lalu, kalo sipas online itu tidak mendapat bahan ajar cetak ya?
      Terimakasih 🙏

      Delete
    4. Mau tanya kak, saya menggunakan layanan SIPAS Non TTM, matkul yang didapat dikit sekali hanya 5 matkul. Kalau mau ditambah gak bisa ya?

      Delete
    5. Ka klo mau pindah dari sipas semi ke sipas non ttm bisakah? Kalau bisa ajukan kemana ya? Ku UPBJJ atau ke pengurus pokjar?

      Delete
  6. Kak kalo semester ini ambil sipas non ttm nah semester depan pengen pindah ke non sipas bisa ga ya?

    ReplyDelete
  7. Klo ambil jurusan perpustakaan dan hanya mau kuliah secara online apa pilih layanan sipas non TTM?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sipas non ttm dan non sipas juga ok.. lihat ijazah terakhirnya

      Delete
  8. Ka mau nanya di luar pembahasan, katanya kuliah di universitas terbuka hanya 4 bulan per semester nya? Contoh nya bos saya dia hanya 4 bulan per semester

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul 4 bulan kegiatan akademiknya... sisanya 2 bulan persiapan sebelum perkuliahan

      Delete
  9. Mau nanya juga program D3 ada jurusan apa aja ya ka?

    ReplyDelete
  10. kak, Sipas non TTM dan Sipas Online kan yang membedakan BA dan Ujian nya, kalau yang Sipas Online itu Ujian nya online, kalau Ujian online itu maksudnya gimana ya kak? Ujian nya bisa dimana saja? di rumah misalnya atau di tempat yang sudah di sediakan di daerah yang di pilih waktu daftar kak? aku masih bingung sama sistem belajar dan ujian nya kak ...

    ReplyDelete
  11. Boleh saranin ga, sy msh bingung ni, kalo utk yg udah bekerja, kan ga ad wktu utk kuliah di kmpus atau dll, jd cocok nya di sipas/non sipas/ online kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipas non ttm aja kak, karna bisa dilakukan tanpa terikat waktu dan tempat

      Delete
    2. bedanya sama SIPAS ONLINE apa bang

      Delete
    3. iya bedanya sama sipas online tu apa ya, bingung mau sipas non TTM atau sipas online

      Delete
    4. Buka di katalog nya aja, disana sangat jelas, misal berbedaan SIPAS NON TTM dan SIPAS ONLINE, yg mana tidak semua jurusan bisa SIPAS ONLINE.

      Delete
  12. Boleh saranin ga, sy msh bingung ni, kalo utk yg udah bekerja, kan ga ad wktu utk kuliah di kmpus atau dll, jd cocok nya di sipas/non sipas/ online kak

    ReplyDelete
  13. Bingung kebanyakan jenis. W masih bingung kepanjangan dari TTM itu apa sih

    ReplyDelete
  14. saya juga bingung nih, klo yg cocok buat yg bekerja dan hanya ada waktu di hari sabtu dan minggu cocoknya jenis layanan apa ya? mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah gausah banyak bningung kak, bagus justru klo punya waktu luang di hari weekend karna banyak pilihan kampus yg menyediakan kelas karyawan di hari weekend

      Delete
  15. Kalo ambil non sipas itu kuliahnya full online apa ada ttm nya?

    ReplyDelete
  16. Kak sy mendaftar di UT dan posisi sy afala PHL pegawai harian lepas, otomatis 24jam bekerja di kantor, mau nanya udah benar nggak langkah ku kuliah di UT ambil NON SIPAS?, terus minimal ambil mtk di non sipas itu berapa?, umm berapa lama lulus di ut sebagai mahasiswi yg ambil non sipas kak? MOHON DI JAWAB YA SOALNYA BARU MASUK UT

    ReplyDelete
  17. Kak, bedanya sipas non ttm dan sipas online apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk pekerja lebih cocok yg mana ? terima kasih kak

      Delete
  18. Kak saya mau kuliah di UT tapi dengan keadaan waktu keseharian bekerja 24 jam jadi sulit untuk kekampus.dan saya ambil sistem pembelajaran online jarak jauh.
    SIPAS manakah yang cocok buat saya sampai wisuda

    ReplyDelete
  19. Kak mau nnya ni ,sipas non ttm kuliah nya kaya gimana ya? Absen nya juga gimana ya

    ReplyDelete
  20. Kak kalo untuk kerja part time ngambil sipas apa kak yg cocok??

    ReplyDelete
  21. Kak saya kan ada kerja trus selama satu minggu itu ada libur dan saya ingin ikut kekas dikampus cocoknya makek yg mana ya kak?

    ReplyDelete
  22. Saya Tamatan D3 mau lanjut S1, bagaimana mengkonversi Mata Kuliah nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak saya juga lulusan D3, bisa melanjutkan ke S1 apa tidak ya.

      Delete
  23. mas setelah isi biodata terus proses selanjutnya kita suruh apa?soalnya di webnya gaada petunjuk selanjutnya terima kasih

    ReplyDelete
  24. Permisi ka saya mau tanya maksudnya sipas semi S1 non pendas itu artinya apa ya ka? Trs apakah kuliahnya itu online atau offline ya sipas semk s1 non pendas itu terimakasih🙏

    ReplyDelete
  25. Kalo semisal ambil sipas non ttm, ujiannya itu ikut online ga ya ka? Sekarang masih pandemi, online wajar. Tapi biasanya gimana ka? Boleh kasih tau saya?

    ReplyDelete
  26. Saya ikut program alih kredit, harus nya pilih non sipas yaa? saya udah terlanjur pilih sipas non ttm. bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sipas ada blok transfer yang penting prodinya masih satu rumpun yang sama

      Delete