Wednesday 22 April 2015

Sistem Ujian Online, Mudah dan Menyenangkan


Menambahkan ulasan yang sudah pernah dibahas di postingan sebelumnya mengenai UAS tertulis disini, Saya akan mencoba memberikan informasi mengenai salah satu tipe ujian lain yang ada di Universitas Terbuka, yaitu ujian online, atau biasa disebut dengan Sistem Ujian Online (SUO). 


Ketika registrasi mata kuliah berlangsung, mahasiswa bisa mempunyai kesempatan untuk meregistrasikan jenis ujiannya, apakah tertulis atau menggunakan ujian online, Tujuan dari SUO adalah : 
1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti UAS  di luar jadwal UAS tertulis dan lisan yang telah ditentukan dalam kalender akademik UT;
2. Memberikan kesempatan untuk mengatasi jam ujian bentrok (salah satu mata kuliah bentrok bisa diikuti melalui SUO, namanya SUO bentrok atau reguler)
3. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan ujian ulang mata kuliah di semester berikutnya jika hasilnya kurang memuaskan. (SUO Ujul atau ujian ulang)
Berdasarkan tujuan di atas, ada dua jenis SUO yaitu SUO Reguler (pelaksanaan setelah jadwal UAS tertulis ; Umumnya untuk mata kuliah status bentrok jam ujian) dan juga SUO Ujul atau Ujian Ulang (pelaksanaan sebelum jadwal UAS tertulis untuk mengulang agar bisa selesai lebih cepat), pada dasarnya UAS dan SUO sama saja hanya berbeda media, jika UAS menggunakan kertas dan pensil, untuk SUO menggunakan media komputer.

Sebagai Catatan, tidak semua mata kuliah tersedia SUO, biasanya mata kuliah berpraktik, listening, speaking maupun uraian yang tidak memiliki fasilitas SUO,  untuk mengecek apakah mata kuliah yang akan kita tempuh tersedia SUO bisa terlihat pada billing dalam kolom keterangan Ujian Online (UO)

Mahasiswa bisa meregistrasikan mata kuliah SUO secara online melalui sia.ut.ac.id atau bisa juga secara offline melalui kantor UPBJJ UT Jakarta. Beberapa ketentuan pelaksanaan SUO adalah sebagai berikut:
  1. SUO dilaksanakan di kantor UPBJJ-UT sekitar dua hingga tiga minggu setelah ujian tertulis.
  2. Satu hari ujian terdiri dari 3 sesi dan setiap sesi berdurasi 90 menit.
  3. Kapasitas tempat yang disediakan UPBJJ-UT berkisar antara 15-25 mahasiswa setiap sesi ujian.
  4. Hari, tanggal, dan jam ujian disediakan oleh UPBJJ-UT, mahasiswa bisa memilih waktu yang sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, calon peserta harus menghubungi UPBJJ-UT untuk mendapat kepastian pelaksanaan SUO.
  5. Untuk dapat mengikuti SUO, mahasiswa harus meregistrasi mata kuliah yang akan diikuti (bisa melalui online), kemudian, meregistrasikan mata kuliah SUO dengan membayar Rp 40.000,- per mata kuliah.
  6. Setelah melakukan pembayaran, menyerahkan lembar tagihan ke UPBJJ- UT  (datang langsung, melalui pos/fax/email) paling lambat 3 hari setelah melakukan  registrasi online.
  7. Menunggu konfirmasi dari UPBJJ-UT. Proses konfirmasi dianggap valid jika mahasiswa sudah mendapat password yang dikirimkan melalui account UT Online.
  8. Mahasiswa yang berhak mengikuti SUO adalah mahasiswa yang pendaftarannya  sudah mendapatkan konfirmasi dari UPBJJ-UT atau UT Pusat dan telah mempunyai password. Tanpa password, mahasiswa tidak dapat mengikuti SUO. Password bisa diakses pada laman sia.ut.ac.id, mohon agar mahasiswa sudah memiliki password SEBELUM pelaksanaan SUO.
  9. Untuk dapat mengikuti SUO,mahasiswa harus datang ke kantor UPBJJ- UT pada hari dan sesi yang telah ditetapkan dengan membawa Kartu Mahasiswa atau KTP/SIM dan print out konfirmasi dari UT. Tanpa bukti identitas dan bukti konfirmasi sebagai peserta SUO, mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti SUO.
  10. Syarat dan ketentuan lainnya dapat ditanyakan ke UPBJJ-UT atau dilihat di website UT.
  11. Hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa yang berdomisili di Indonesia, tidak untuk mahasiswa UPBJJ Layanan Luar Negeri.




Kelebihan melaksanakan ujian SUO, mahasiswa dapat mengerjakan ujian dengan mudah, simpel dan sangat menyenangkan, nilai ujian pun bisa dilihat pada akhir ujian, teknis dan detailnya dapat dilihat di alur UPBJJ atau katalog, mahasiswa bisa memilih hari dan waktu ujian SUO berdasarkan kesempatan dan ketersediaan yang dimiliki oleh mahasiswa, untuk pelaksanaan SUO mahasiswa di mohon membawa bukti pembayaran atau LIP SUO, identitas pribadi (baik KTP, KTM atau SIM) dan alat tulis lainnya untuk keperluan tanda tangan dan administrasinya.
sangat mudah dan menyenangkan bukan?. 

referensi : 
1. http://www.ut.ac.id/tentang-ut/sistem-pembelajaran/ujian-akhir-semester.html

2 comments:

  1. Tanya dong ka, kalok kita ikut TTM semester 1 dan Nilai UAS Semester 1 E dan kita mau mengumang dengan SUO UJUL. apakah nilai TTM masih berlaku sedangkan Nilai TTM Kontribusi 2semester dan apakah nilai trsebut tdk berkontribusi karena kita memakai SUO Ujul..

    Terimakasih Ka

    ReplyDelete