Wednesday 16 July 2014

Pengajuan Alih Kredit di Universitas Terbuka



Pertanyaan yang sering sekali muncul oleh beberapa calon mahasiswa ketika memberikan pelayanan di kantor UT Jakarta adalah proses pengajuan alih kredit atau transfer mata kuliah dari perguruan tinggi lain atau dari program studi (Jika pindah jurusan atau sudah selesai) dari salah satu program studi UT. Pada postingan kali ini, saya mencoba berbagi dan memberikan informasi secara rinci, lengkap, terstruktur, ganteng dan keren eh maksudnya lengkap dengan form + contohnya, format yang terlampir disini bisa teman-teman modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian mata kuliah, klo begitu kita mulai yaaa… eng ing enggg….

 Apa sih Alih Kredit Itu?
Alih kredit merupakan pengakuan terhadap pengalaman belajar dan kelulusan mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dari suatu perguruan tinggi. Artinya klo teman-teman sudah pernah kuliah, baik dari Diploma 1 hingga Strata 1 baik lulus atau pun berenti di tengah jalan, di Drop Out (DO) karena udah berlumut dan berkerak di kampus sebelumnya, kelupaan kuliah karena sibuk jadwal padat merayap untuk kerja+syuting+pedicure+manicure+beras kencur, skripsinya berantakan karena dosennya terlalu cantik dan bikin galau serta beribuuuuu alasan lainnya, kita bisa banget mengajukan alih kredit di UT, hal ini bisa dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan melengkapi data dokumen yang diperlukan.

Jadi posisi start kuliah di UT ga dari “0” sama sekali, artinya ada mata kuliah yang bisa di alih kredit-kan atau dibebaskan, jadi kita tinggal melanjutkan mata kuliah yang belum pernah di tempuh dari perguruan tinggi asal. Oh ya, sebagai informasi tambahan, bahwa mata kuliah yang sudah di-alih-kredit-kan tidak akan diperhitungkan pada acuan IPK di UT, mata kuliah tersebut akan berstatus "*" untuk alih kredit dan "**" (penyetaraan mata kuliah ; khusus dari UT), bintang itu artinya dibebaskan, klo nilainya jeblok ya aman deh, tapi klo nilainya A semua ya coba dipertahakan di UT ya biar IPKnya makin ciamik... 

 Jenis Alih Kredit
Secara umum Alih kredit ada dua jenis, yaitu :  
1. Alih Kredit dari Perguruan Tinggi Lain ke UT
Alih kredit ini dilakukan berdasarkan permohonan mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar UT, baik perguruan tinggi negeri, swasta, maupun kedinasan yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri bahkan luar angkasa (lebay) . Pengakuan kredit dilakukan hanya terhadap mata kuliah, tidak termasuk nilai ujiannya.

 2. Alih Kredit dari UT ke UT
Alih kredit ini dilakukan berdasarkan permohonan mahasiswa yang berasal dari program studi lain di lingkungan UT, baik yang statusnya aktif, non-aktif, maupun yang sudah lulus. Pengakuan kredit nilai mahasiswa dilakukan terhadap mata kuliah dan nilai ujiannya sepanjang mata kuliah yang dialihkreditkan sama atau setara dengan mata kuliah yang terdapat dalam kurikulum program studi yang dituju, sedangkan pengakuan kredit bagi alumni/lulusan UT dilakukan terhadap mata kuliah, tidak termasuk nilai ujiannya.

Rata-rata mereka yang mengajukan alih kredit lebih banyak dari yang sudah pernah kuliah di instansi perguruan tinggi sebelumnya, klo jenis yang nomor 2 dokumennya simpel dan tidak terlalu banyak, klo jenis nomor 1, dokumennya cukup banyak karena tim penilai alih kredit akan mengecek baik dari sisi instansi perguruan tingginya, status data mahasiswanya, mata kuliahnya mungkin status masa lajangnya beserta nama Pak RT-nya… wkwkwkw…

 Persyaratannya Apa Aja Ya?
Nah ini bagian yang paling penting, ok silahkan di simak persyaratan yang harus dipersiapkan :

1. Mengisi formulir alih kredit; formulirnya sederhana dan simpel, silahkan mengunduh format formulirnya disini

2. Isi lampiran mata kuliah yang akan di-alih-kredit-kan.
 Apa saja yang perlu disiapkan?

  •       Mengisi data formulir alih kredit (form ada di poin 1)
  •       Daftar mata kuliah yang diajukan untuk di-alih-kredit-kan dari PT lain atau Daftar mata kuliah yang diajukan untuk dialihkreditkan oleh mahasiswa dari UT ke UT, draftnya ada disini
  •       Formulir deskripsi mata kuliah yang telah diisi serta ditandatangani (tandatangan oleh Dekan/Direktur/Ketua atau Pejabat setingkat yang berwenang di PT asal) dan distempel di tiap lembarnya, form deskripsinya ada di atas ya
  •       Fotokopi Ijazah (jika sudah lulus) atau  surat keterangan pernah kuliah dari perguruan tinggi asal yang telah dilegalisasi.
  •       Daftar nilai hasil ujian negara (bila berasal dari PT swasta) dan dilegalisasi
  •       Surat keterangan konversi nilai yang sudah diubah ke sistem SKS dan nilai berupa huruf/abjad (bila nilai dalam sistem paket dan angka), contoh nilai di transkrip untuk mata kuliah Bahasa Inggris 80 (angka) bukan huruf kayak A, A-, dsb.
  •       Fotokopi kartu mahasiswa UT
  •       SK pengangkatan menjadi guru khusus untuk mahasiswa yang mengambil program studi di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Berikut ini ada dua contoh file yang sudah dibuat dan diisi oleh mahasiswa UT, sepertin ini atau ini ...  

3. Saat ini upload dokumen langsung melalui sia.ut.ac.id 

jika sebelumnya pengiriman berkas alih kredit ke :
Kepala Bagian Administrasi Kelulusan BAAPM
Universitas Terbuka
Jl. Cabe Raya Pondok Cabe, Pamulang
Tangerang 15418
Telp. 7490941 ext. 1340

atau Berkas dokumen alih kredit juga bisa di emailkan ke : "kelulusan@ecampus.ut.ac.id"

4. Duduk manis & menunggu hasil SK alih kredit dengan sabar
Proses alih kredit akan selesai sekitar 2 bulan, jangan lupa sesekali telpon ke UT pondok cabe menanyakan progressnya, bisa ke BAPM atau ke Fakultas masing-masing.

5. Surat persetujuan alih kredit yang akan dituangkan dalam SK Alih Kredit akan dikirimkan ke alamat yang mahasiswa yang bersangkutan, jadi mohon alamat yang kita tulis di form Alih Kredit jangan sampai salah ya., contoh hasil SK alih kredit yang sudah jadi kayak gini nih.

 6. Biaya Alih Kredit
Semenjak masa registrasi 2013.1, ketika pelaksanaan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), alih kredit gratis tis tisss, jadi ga ada biayanya, nanti klo udah selesai satu program studi mau lanjut program studi lain silahkan di alih kredit-kan lagi…

Mudah dan simpel kaannn??? 
  
Referensi lainnya :




250 comments:

  1. Bang mau tanya itu konversi nilai yang mengeluarkan kampus lama atau pihak ut ya? Mksh sbelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KOnversi nilai di ajukan oleh mahasiswa dari kampus lama ke UT dengan menyesuaikan kurikulum mata kuliah yang linear atau sama

      Delete
    2. mo tanya klo proses alih kredit berapa lama nya,dan utk bisa monitoring usulan alih kredit bisa dilihat dimana y wwbsitenya

      Delete
    3. seperti ulasan yang di atas, monitoring berdasarkan jangka waktu kita mengirimkan berkas, sekitar 2 bulan, tidak bisa melalui website, lebih baik langsung telfon ke fakultasnya

      Delete
    4. Mas Yasir. Kalau mau ngambil form alih kredit gimana ya ? harus berbayar dulu. Oya pengajuan alih kredit ke UPBJJ UT Jakarta atau Langsung ke fakultas masing ? Mohon di bales..

      Delete
    5. Mas Pocong Ganteng, ambil form alih kredit ada di atas, ga bayar alias gratis.. Kirim langsung ke BAPM alamat tertera di atas mas Pocooonggggg...

      Delete
    6. aku minta soft copy format pengajuan alih kredit dari pt lain ke ut, dan teman2nya yg sebagai persyaratan. pliiis bgt bantuin aku yg lagi bener2 butuh bantuan. kalo ada yang mau berbaik hati sungguh aku sangat berterimakasih sekali. bisa dikrm ke email saya rifqoh1st@gmail.com

      Delete
  2. Bang mau nanya kalo lagi jalan smester gitu belom d3 bisa pindah ke Ut gak? Contoh semester 3 unpam pindah ke ut.karna minat sistem belajar jarak jauh setelah kerja dan keteteran jadwal

    ReplyDelete
  3. Bang mau nanya kalo lagi jalan smester gitu belom d3 bisa pindah ke Ut gak? Contoh semester 3 unpam pindah ke ut.karna minat sistem belajar jarak jauh setelah kerja dan keteteran jadwal

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pindah, pengajuan alih kreditnya juga bisa dilakukan dengan melihat data mata kuliah yang sama

      Delete
    2. Yasir Riady. Kalau mata kuliahnya beda bisa trnsfer gk?. Misalnya di kampus lain ambil biologi terus pindah ke ut ambil manjemen. Bisa gk.

      Delete
  4. Mau tanya saya udah ajukan alih kredit tapi knp belom jadi ya sedangkan pu ya teman saya sudah di kirim semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon cek langsung progressnya ke fakultas melalui telf 021-7490941 untuk SK alih kreditnya

      Delete
  5. Mau tanya saya udah ajukan alih kredit tapi knp belom jadi ya sedangkan pu ya teman saya sudah di kirim semua

    ReplyDelete
  6. Infoya sangat membantu, maaf sebelumnya, saya ingin bertanya ke akun Unknown, apakah pendaftaran di UT sudah dibuka? tadi saya menelpon nomor hotline UT katanya pendaftaran buka tanggal 1-13 Juni, saya rencana mau alih kredit (transfer dari d3 ke S1).

    ReplyDelete
  7. Mau tanyak biaya untuk pindah jurUsan dari UT ke UT brpa fan syaratnya apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pindah jurusan tidak ada biayanya sama sekali, hanya daftar mata kuliah pertama untuk registrasinya saja

      Delete
  8. Mau tanya pak, untuk Daftar mata kuliah yang diajukan untuk di-alih-kredit-kan dari PT asal itu bisa diketik lalu di print atau di tulis tangan pak? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik di ketik agar lebih jelas dan rapih, bisa mengunduh file yang sudah saya upload

      Delete
  9. Sore pak,

    Saya mahasiswi UT smt 1, kebetulan saya ingin ngajukan alih kredit ke prodi lain. Untuk pengajuan itu baru bisa dilakukan setelah masuk smt 2 atau gimana ya? dan apakah nilai uas mempengaruhi disetujui atau tidaknya pengajuan alih kredit?

    Mohon infonya..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. "Pengakuan kredit dilakukan hanya terhadap mata kuliah, tidak termasuk nilai ujiannya"
    Maksudnya gimana ya?
    Trus nilai mata kuliah yang dialih krdit di ijazah gimana?
    Thank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin jawab maksudnya nanti mata kuliah yg dialihkreditkan di ijazah tidak ada nilainya/tidak diperhitungkan) sebagai IPK di UT, jadi nantinya IPK di ijazah hanya berdasar jumlah nilai total yang diambil di UT dibagi dengan Sks yang diambil di UT

      Delete
    2. loh jadi gimana dong? terkesan sia sia kuliah sebelum nya -_-

      Delete
    3. Gak ada yang sia-sia, yang diperhitungkan nanti cuma yang di tempuh di UT, jadi bisa fokus dan maksimalkan dari awal lagi ya

      Delete
    4. Jadi misal disemester ini sudah terlanjur ambil slh satu mata kuliah, dan ternyata mata kuliah itu dibebaskan dr hasil alih kreditnya,,pada saat uas gak ikut gpp ya?

      Delete
    5. gpp bisa kok karena sudah di bebaskan jadi nilainya bintang...

      Delete
  11. Alih kredit dari kampus lain bisa dilakukan kapan aja atau ada tgl tersendiri??

    ReplyDelete
  12. mau nanya kalau pindah kuliah dari PT lain ke ut gmna itu yaa biayanya?

    ReplyDelete
  13. Kalau dari stkip ke UT bisa tidak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk program Non Pendas bisa, tapi jika Pendas tidak bisa karena mata kuliahnya sudah di-paket-kan

      Delete
  14. sore,
    mau tnya untuk surat keterangan konversi nilai yang sudah diubah ke sistem SKS dan nilai berupa huruf/abjad itu kita dapatkan dari kampus lama ya?atau ada contoh form nya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berupa huruf atau abjad, klo berupa angka ada sistem form yang diminta ya mas.. contohnya ada di link ulasan di atas...

      Delete
  15. Sore...
    Pengajuan alih kredit apakah bisa 2 kali pengajuan???
    Soal.a pengajuan pertama belun mencakup semua makul yg pernah ditempuh pas d3...

    ReplyDelete
  16. Saya mahasiswa Perguruan tinggi swasta jurusan hukum semester 3. Mau pindah ke UT tapi bukan jurusan hukum. Jurusan administrasi negara yg mau saya ambil di UT. Kalau ada matkul kuliah saya yg hukum di PTS sama dengan matkul di UT jurusan administrasi negara bisa di alih kredit juga nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa silahkan, intinya pengajuan alih kredit hanya untuk mata kuliah yang sama.

      Delete
  17. Mas saya mau tanya kalo misalkan jurusan bimbingan dan konseling bisa tidak ya pindah ke ut

    ReplyDelete
  18. Permisi ,, mau tanya ,, kalau saya kuliah ngambil jurusan teknik industri ,, apakah di UT ada jurusan teknik industri

    ReplyDelete
  19. Permisi, mau nanya mas admin yg cakep, atau siapa saja yg bisa membantu .. hehe.

    Maksudnya " Daftar nilai hasil ujian negara (bila berasal dari PT swasta) dan dilegalisasi".

    Yg dimakaud ujian negara atau gimama ya? Apa ujiam nasional saat SMA ? soalnya di kampus sebelumnya belum pernah ada ujian negara.

    Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ujian negara umumnya dilakukan oleh PTS pada Universitas yang tidak terakreditasi dan diadakan oleh Kopertis setempat, sepengetahuan saya saat ini sudah tidak ada lagi ujian negara karena beberapa PTS sudah terakreditasi

      Delete
    2. jadi untuk formulir tersebut tidak perlu dilampirkan tidak apa-apa?
      atau bagaimana pak?
      terima kasih sebelumnya, karena saya juga bingung

      Delete
  20. Misi gan aku kan ambil d3 perpajakan di ut nih trus mau lanjut ke s1 manajemen keuangan di ut jg bisa gak ya ?

    ReplyDelete
  21. Slamat sore pak,, saya rencana mau daftar di UT (sebelumnya saya sudah lulus D3)
    tapi masih bingung dengan alih kredit nya,, jika saya mendaftar dengan non sipas pertama kali apakah saya bisa pilih matakuliah yang sebelumnya belum pernah saya ambil di universitas saya yang lama, karena nantinya untuk matakuliah yang sudah pernah saya ambil di univesitas lama akan saya minta di alih kreditkan..

    ReplyDelete
  22. Malem Mas Yasir, Mas saya mahasiswa baru UT, saya dari D3 Manajemen Informatika dan mau melanjutkan ke S1 Manajemen dengan proses alih kredit, yang ingin saya tanyakan untuk Registrasi Mata Kuliah, saya bebas pilih Mata Kuliahnya atau yang hanya tertera di Semester 1 di Kurikulum UT?soalnya saya masih bingung Mas, hehee.. mohon arahannya ya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengambilan mata kuliah yang belum pernah di ambil di perkuliahan sebelumnya ya mas

      Delete
    2. setelah registrasi mtk (mtk yg belum pernah diambil di PT sebelumnya) kemudian mengurus alih kredit.begitu min?

      Delete
  23. Mau tanya...saya punya ijazah s1 komputer di pts..tapi saya mau ambil alih kredit di prodi lain...apa alih kreditnya bisa proses?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dan silahkan, sesuai persyaratan yang diminta ya..

      Delete
  24. mau nanya min. saya lulusan s1 pendidikan bahas inggris pts, di karenakan saya kerja di sekolah dasar dan perlu penyesuaian ijazah menjadi pgsd.kalo mau alih kredit ke prodi pgsd ut apakah harus mengulang dari awal atau bagaimana. mohon pencerahan. trims

    ReplyDelete
  25. mau nanya min. saya lulusan s1 pendidikan bahas inggris pts, di karenakan saya kerja di sekolah dasar dan perlu penyesuaian ijazah menjadi pgsd.kalo mau alih kredit ke prodi pgsd ut apakah harus mengulang dari awal atau bagaimana. mohon pencerahan. trims

    ReplyDelete
  26. mau nanya min. saya lulusan s1 pendidikan bahas inggris pts, di karenakan saya kerja di sekolah dasar dan perlu penyesuaian ijazah menjadi pgsd.kalo mau alih kredit ke prodi pgsd ut apakah harus mengulang dari awal atau bagaimana. mohon pencerahan. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena di UT untuk PGSD hanya ada dua program, yaitu BI (masukan sarjana) dan reguler, artinya mas ayik bisa langsung mendaftar program BI yang hanya 3 semester, di program tersebut tidak perlu mengajukan alih kredit. silahkan datang ke kantor UT terdekat

      Delete
  27. Pak. saya sudah mengajukan proses alih kredit dari saya semester satau dan semua berkas sudah diterima UT pusat.
    Sekarang saya sudah semester 3 , nilai konversinya belum keluar juga.
    bagaimana follow up nya pak? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Follow up bisa langsung telf ke fakultas atau BAPM ke nomor 021-7490941 atau cetak transkrip apa sudah bebas mata kuliah yang di alih kreditkan

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  28. Kalo semester 1 ambil sipas, untuk semester 2 nya ambil non sipas bisa tidak ya min?

    ReplyDelete
  29. Kalo semester 1 ambil sipas, untuk semester 2 nya ambil non sipas bisa tidak ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa, jika sudah terdaftar SIPAS, harus sampai selesai di SIPAS, klo mau jadi NON SIPAS daftar baru lagi ya..

      Delete
  30. klo saya dari PTN mau pindah ke UT,gimana yah caranya? tapi saya baru selesai dari semester 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal registrasi, kami buka kembali pendaftaran di Bulan Juni, cek kalender akademiknya ya di www.ut.ac.id

      Delete
  31. Mas yasir. Saya lulusan S1 Syari'ah bisa ngak ambil alih program FKIP PKn?

    ReplyDelete
  32. Mas yasir. Saya lulusan S1 Syari'ah bisa ngak ambil alih program FKIP PKn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, apakah sudah mengajar PKn di SMP atau SMA, karena syaratnya harus sudah mengajar minimal 1 tahun

      Delete
  33. Mas Yasir, mau nanya kalau proses alih kredit ke kampus lamanya gimana caranya? Apa sebaiknya semua mata kuliah kita minta deskripsinya ke kampus lama? Dan prosesnya brp lama ke kampus lamanya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deskripsi mata kuliah hanya mata kuliah yang akan diajukan dari kampus lama (jadi ga semua), klo ada yang sama mata kuliahnya, itu yang dibuat deskripsinya, untuk proses tergantung mbak rubi sendiri, lebih cepat lebih baik...l

      Delete
  34. Mas mau nanya, saya daftar ut yg periode 2. Baru mau jalan. Saya mau pindah jurusan, apa bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, nanti mengisi form baru awal lagi mas...

      Delete
  35. Mau tanya mas, saya dari D3 Pariwisata mau alih kredit ke S1 Administrasi Negara. Kira2 berapa lama kuliah ya minimal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.. klo perkiraan kemungkinan kurang lebih sekitar 4 semester lagi mbak.. karena banyak yang baru sepertinya..

      Delete
    2. Sy dr d3 bahasa inggris stiba malang, mau ke s1 hukum brp lama kira2 studinya

      Delete
  36. saya d3 ptn dan lanjut s1 ptn, dan apabila saya diterima kerja maka saya akan pindah ke ut tapi saya sudah semester akhir tinggal skripsi. apakah bisa? lalu bagaimana nilai di ijazah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa.. nilai nanti di konversi atau alih kredit, tapi mungkin tidak semua hanya beberapa yang harus diambil ulang mbak..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  37. Mas saya d3 perbankan mau lanjut s1 di Ut jurusan pgsd bisa gg ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisaaa... hueheuhee... mas klo udah di Bank ga usah jadi Guru lagi, ntar kasian klo guru gajian ga ada orang banknya... intinya klo sudah mengajar di SD min. 1 tahun dibuktikan dengan sk mengajar dan surat ket. mengajar bisa saja mas.. hanya saja PGSD mata kuliahnya di paketkan jadi ga bisa alih kredit

      Delete
  38. Pak yasir.saya sudah kirim pengajuan alih kredit.apakah ada kemungkinan mata kuliah yang saya ambil di semester 1 dijadikan mata kuliah yang dibebaskan di alihkredit tersebut.apabila terjadi apakah di akui sebagai nilai semeater 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak maya, mungkin bisa dibebaskan, intinya apakah registrasi mata kuliah pertama ada yang sama dengan mata kuliah yang diajukan untuk alih kreditnya? jika sama nanti yang terbaik diambil berdasarkan sistem.

      Delete
  39. Assalamualaikum, mas maaf saya lulusan S1 Pkn bisa gk ambil alih prodi lain, Biologi misal'y? Terus utk lama'y mengikuti perkuliahan di UT brp tahun? Terima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam mbak Ucu, silahkan dan bisa mengambil prodi lain, perkiraan saya jika di luar rumpun IPA dari Pkn ke Biologi akan ada banyak mata kuliah yang baru untuk ditempuh, mungkin sekitar 40-50% yang dibebaskan.. tetap semangat yaa

      Delete
  40. Pagi, setelah 3 semester kuliah dan terdaftar di Jurusan Hukum UT, saya baru sadar kalau ternyata saya salah jurusan, karena dari awal niatnya mau daftar S1 Menejemen.
    Setelah puasa 7 hari akhirnya saya membulatkan tekad hendak pindah ke jurusan Menejemen.
    Tanpa alih kredit pun tak masalah, toh nilai mata kuliah selama di jurusan hukum agaknya sungguh mengenaskan.
    Tolong kisanak beritahu saya bagaimana caranya pindah jurusan (Hukum ke Menejemen) dan mulai dari semester awal layaknya bayi yang terlahir suci bersih ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kisanak, sepertinya puasa 7 hari itu memang berhasil memberikan pencerahan yang sangat baik.. untuk pindah jurusan prosedurnya harus mendaftarkan kembali seperti mahasiswa baru dengan memberikan persyaratan pertama, silahkan melanjutkan atau menggantinya dengan manajemen, sukses untuk kisanak..

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi Mbak desy, bisa kok, selama aktif kuliah dan sudah menyelesaikan studi baik di UT dan di luar UT masih bisa kok...

      Delete
  42. Maaf mau tanya, klo dari sosiologi baru semester 1bisa pindah ke pgsd gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk PGSD agak cukup banyak syaratnya, minimal haru sudah mengajar di SD 1 tahun, klo belum sebagai guru SD tidak bisa karena diminta SK mengajar, Surat keterangan mengajar, dsb. Selain itu PGSD skema sistemnya paket jadi tidak bisa alih kredit ya

      Delete
  43. saya mau tanya , saya pernah kuliah di pts sampai semester 6 tapi saya berhenti dr tahun 2012. bagaiman langkah awal agar saya bisa melanjutkan sampai wisuda di UT tanpa harus mengulang dr awal. trims

    ReplyDelete
  44. sesuai informasi di tulisan ini.. registrasikan pertama mata kuliah yang belum di ambil, nanti ajukan alih kredit.. seperti di syarat yang sudah disebutkan di atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum mau tanya bapak/ibu admin. Saya mahsswi fkip semester 5 dan kebetulan saya kuliah sambil bekerja. Kira" saya bisa tidak pindah atau alih kredit kuliah ke UT ? Mohon infonya , terimakasih :)

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam mas, apa sudah mengajar saat ini? karena salah satu syarat di UT untuk FKIP mereka sudah mengajar min. 1 tahun. Alih kredit bisa dilakukan asalkan tidak sistem paket.

      Delete
    3. Saya belum pernah mengajar pak yasir , apaakah bisa ya saya pindah ke UT ?
      Mohon infonyaaa

      Delete
    4. Jika belum mengajar bisa alih kredit dengan mengambil jurusan lain selain FKIP

      Delete
    5. Kalau saya ambil jurusan lain , apakah tetap lanjut semester 5 atau mengulang dari awal lagi . Terus bagaimana dg sks yang sudah saya tempuh pak?

      Delete
  45. Assalamualaikum wr.wb Sore min mau tanya lagi nih . Tadi aku udah dateng ke kampus UT , aku mau transfer kuliah dr fakults fkip dan diminta surat sk honor . Apakah itu sk hanya untuk prsyrtn atau setiap tahun sk nya harus di perbarui ya min? Atau hanya 1 kali saja sbgai syarat? Tolong infonya

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum. Mau tanya mimin yg baik hati. Saya mahasiswa hukum lulusan PTS. Mau alih kredit ke Hukum UT. Pertanyaannya, Apakah saya harus daftar dulu ke UT sebelum mengajukan Alih Kredit? Jika sudah daftar, lalu kn saya ambil sks dulu tuh, nah andaikan semua SKS itu sudah pernah diambil di PTS sblmnya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di tulisan saya di atas.. daftar dulu..ambil mata kuliah yang belum pernah di tempuh baru ajukan alih kredit

      Delete
    2. Pak yasir apakah benar kalau masuk fkip di ut harus mengajar juga ya ? Dan biasanya berapa lama ya pak untuk pnyelesaian masa kuliahnya kalau saya transfer dari smstr 5
      Mohon info nya pak

      Delete
    3. betul khusus FKIP yang sudah mengajar sesuai dengan jurusan yang akan di pilih, tergantung berapa banyak mata kuliah yang di bebaskan nanti yaaa

      Delete
  47. Pengajuan alih kredit (alumni) Saya dari Manajemen ke Akuntansi sudah 6 bulan masih saja dalam proses validasi FEKON. Padahal masih satu rumpun/fakultas dan PT-nya masih sama, gak serumit dari fakultas dan PT lain. Tapi belum juga terbit SK. Macam sinyal 2G dipakai untuk internetan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa.. sekarang udah 4G ya mas.. ya bersabar aja mas Miptahudin, ditunggu mudah2an bisa segera ya SK nya saya doakan.. amin

      Delete
  48. Maaf ms Admind. Saya mau bertanya.
    Saya ingin ajukan alih kredit dr PT asal saya D3 Perawat. Skrng saya Ambil S1 Manajemen.
    Untuk form mata kuliah yang dialih kreditkn itu..
    Apakah di isi dgn semua matakuliah d3 dulu atau matakul yg dialihkrditkn saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata kuliah yg akan diajukan alih kredit.

      Delete
    2. betul info dari mas Miptahudin, hanya mata kuliah D3 yang sama dengan kurikulum yang ada di UT yaa

      Delete
    3. Ada mata kuliah yg sdh terambil disemester sblumnya. Apakah bisa di ajukan Alih kredit ???

      Delete
    4. Abid Alfa.. apakah alih kreditnya sudah selesai..kalau boleh di share untuk mata kuliah yang akan diambil..saya juga mau ambil S1 manajemen tapi dari d3 tidak serumpun..

      Delete
  49. Permisi, saya mau nanya. Saya mahasiswa semester akhir uin yogyakarta. Apa saya bisa alih kredit ke UT yogyakarta? Atau harus daftar ke UT yang jauh disana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu Jawab ya. Bisa Mbak. Mbak, registrasi sebagai mahasiswa baru, registrasi mata kuliah, dan bayar SKS (mata kuliah) di Bank Mandiri/BRI/Alfamart terlebih dahulu. Setelah itu mengajukan alih kredit. Untuk registrasi sebagai mahasiswa baru/mata kuliah, bisa dilakukan secara online di sia.ut.ac.id atau bisa juga di UPBJJ-UT terdekat (Yogyakarta).

      Delete
    2. Yaa pak. Terimakasih banyak pak

      Delete
    3. mantap tks mas Miptahudin, langsung ke UT domisili terdekat aja mbak Alfa.. pembayarannya juga bisa di Alfa group

      Delete
  50. Saya lulusan d2 pgsd ut th 2005 pak
    Sekarang ngajar paud, mau transfer ke s1 pgpaud bisakah pak?
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak silahkan.. tapi semesternya nanti dilihat ya dari simulasi masa kerja dan ijazahnya.. karena D2 nya bukan PAUD

      Delete
  51. Mas, saya rencana mau daftar UT, apakah pengajuan alih kredit dari D3 PTN lain bisa diajukan ketika saya sedang menempuh semester 1 di UT? Karna infonya baru blh diajukan ketika masuk semester 2? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas.. saya malah lebih menyarankan di semester 1 agar semester 2 sudah terlihat mata kuliah apa saja yang di bebaskan.. karena alih kredit lumayan cukup lama prosesnya

      Delete
  52. Mt pg.mao nanya.saya kuliah UT swasta sudah semester akhir tapi mandek 3 tahun.karena sibuk mengajar di SD gitu.jd terbengkalai kuliahnya.nah rencana mau pindah ke Upbjj UT.apa kah bisa?..mohon pencerahannya..pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. UT swasta maksudnya bagaimana mas? apa kelompok belajar? pindah ke UPBJJ Jakarta bisa saja kok.. silahkan.. lengkapi syarat pertamanya ya

      Delete
  53. saya sudah aktivasi tuton tapi kok untuk akses BA digital blm dapat user id dan password ya?solusinya gmna pak? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk itu di tunggu setelah aktivasi dan mulai tutorial online biasanya bisa full akses

      Delete
  54. Admin mau tanya, lulusan hukum di UT bisa ambil profesi advokat/pengacara kah? Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok.. seingat saya juga akan ada beberapa kerjasama dengan Peradi dan juga lembaga hukum lainnya.. jadi jangan takut bisa lanjut profesi nantinya

      Delete
  55. Admind mau tanya.
    Untuk form DEKSRIPSI MATA KULIAH
    Itu isinya cuman deskripsi mata kuliah yg d alih kreditkn saja atau di isi semua dekskripsi mata kuliah yg pernah di tempuh.????
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya yang sudah di tempuh di kampus sebelumnya yaaa

      Delete
    2. Berarti deskripsi semua mata kuliah yg pernah ditempuh.
      Sya kira cuman deskripsi mata kuliah yg akan di alih kreditkn..

      Delete
  56. Maaf gan mau nanya, misalkan tranfer dari perguruan tinggi dan sudah semester akhir dgn jurusan yg sama, kira" minimal lama kuliahnya berapa semester ya ? Trimkasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk minimal lama saya tidak bisa menjanjikan, karena pengambilan biasanya tidak lebih dari 70 atau 80% mas

      Delete
  57. Halo kak,aku mahasiswi semester 2 dari PTS rencana mau pindah ke ut semester 3. apakah boleh ya ambil SIPAS di regristasi awal? sekalian menunggu hasil alih kredit
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIPAS harus sudah selesai ijazahnya, jika belum bisa mengambil non sipas saja ya

      Delete
  58. Kak aku gak bisa download kak. Tolong kirim lewat email ya kak form alih kreditnya byolau@gmail.com terima kasih kak

    ReplyDelete
  59. malam kakak, ijin bertanya.. saya masuk UT setelah lulus D2 PGSD di PTS lain.. setelah lulus dari UT teryata nilai D2 sya di isi tanda(*) hal ini menyebabkan IPK saya jeblok.. mohon pencerahanya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena yang * tidak diperhitungkan di IPK, namun nanti ke depan akan diperhitungkan nilainya ya

      Delete
  60. Kak mau tanya saya udah semester 7, tinggal skripsi aja, tp ada beberapa matkul yg nilainya jelek bgt, bahkan ada yg blm keluar nilainya, pas pindah ke UT apakah nilai sy yg jelek harus d perbaiki apa gk usah aja, trs pas sy pindah bisa kah la hsung ambil TAP?. Termakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya klo lulus bisa mata kuliahnya di alih kreditkan.. jika tidak diambil ulang... tergantung dari tim penilai bisa TAP di semester berikutnya atau tidak

      Delete
  61. assalamu'alaikum pak , saya dri prodi "Matematika Murni" smester 1 ,, alhamdulilah saya diberi kesempatan mengajar di sd 1 tahun (untuk memenuhi syarat FKIP) , yang saya mau nanya apakah saya bisa mengambil prodi "Matematika Pendidikan" di smester 3 nya?

    ReplyDelete
  62. kak mau tanya saya ada rencana pindah kuliah dr pts ke ut, saya sudah menempuh 3 semester di pt lama pgn lanjut di ut itu emng nilai saya yg sebelumnya tidak diperitungkan nilainya ya?trs nanti kl diijasah nilai saya tetap tidak diperitungkan apa gimana ya ?sayang bgt kalo pas di ijazah gak ada nilainya jawab ya ka

    ReplyDelete
  63. Maaf mau tanya..
    dulu saya kuliah D3 b.inggris lanjut di UT non pendas b.inggris,kurang 1 mata kuliah yang hrus sy tempuh..
    karena saya ngajar di PAUD sy mau pindah jurusan PAUD..
    Bisakah sya alih kredit??
    Terima lasih

    ReplyDelete
  64. Maaf pak..
    Saya mau tanya..
    dulu saya kuliah D3 b.inggris mrlanjutkan S1 pendidikan b.inggris non pendas..kurang 1 mata kuliah lagi..
    sya mau pindah kuliah di S1 PAUD..bisakah mata kuliah yg pernah sy tempuh di alih kreditkan ke matkul S1 Paud

    ReplyDelete
  65. Mas mau tanya, saya skrg mahasiswa smt 7 di PTS, nah bisa tidak alihbkredit ke UT smentara saya masih menjalani kuliah di PTS asal. Jadi simplenya, Saya kuliah di PTS dan UT secara bersamaan. Bisa tidak? Mohon jawabannya.

    ReplyDelete
  66. Makasih infonya . Suka sama penjelasannya. Ada canda2nya gitu. 😂
    Cus UT. 😁
    Semangat buat penulis. Semoga nggak capek balesin pertanyaan2 yang muncul.
    💪😊

    ReplyDelete
  67. Mau nanya mas...kalau lulusan pgsd ut tp dah lulus namun ipk kecil ..pingin menaikan ipk dijurusan sama bisa gak ikut program bi untuk pgsd? Dan ada solusi lainnya gak mas untuk menaikan ip dijurusan yg sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo jurusan sama ga bisa bu... paling jurusannya yang lain jika memungkinkan

      Delete
  68. Mau tanya mas, sy mhs. Putus kuliah (non aktif) dari PTN, sy mau ngajukan alih kredit di UT. Saat ke PTN asal utk permohonan deskripsi matkul, ditolak oleh fakultas krna status non aktif tsb dan blm prnah ada mhs. Yg meminta deakripsi matkul. Sehingga sy hnya diberi suket. Pernah kuliah di sana. Apakah pengajuan alih kredit sy di UT akan diterima tanpa deskripsi matkul tsb ? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap harus ada deskripsinya, jika tidak lengkap tidak bisa di proses mbak.. semoga kampus asalnya mau ya.. coba pendekatannya yang lain..

      Delete
    2. alhamdulillah mas, pihak prodi mau untuk memberikan ttd deskripsi matkulnya.. terima kasih tas jawaban dan sarannya... :)

      Delete
  69. Assalamualaikum mas, saya kuliah di PTS sekarang sudah memasuki semester 6 dengan jurusan pendidikan bahasa inggris, saya ada niatan untuk pindah ke UT apa bisa alih kredit? Dan apa butuh SK? Karena kan saya blm lulus dr PTS sebelumnya. Mohon pencerahannya mas. Terimakasih

    ReplyDelete
  70. permisi gan, mau tanya. Apa bisa dialih kreditkan jika MK di PTN awal BEDA NAMA tapi MATERINYA SAMA dgn kurikulum di UT?
    contoh : Bahasa Inggris Korespondensi I dengan Bahasa Inggris I

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo itu diajukan aja sist.. sikat aja, nanti tim penilai yang akan review apakah sesuai atau tidak...

      Delete
  71. Mohon izin
    Dan mohon pencerahan ya Mas..
    Saya lulusan D3 tahun 2004 pada Politeknik Negeri Jurusan Administrasi Bisnis dan sekarang lanjut kuliah di UT.113SKS yg di Kampus lama.dan setelah di UT saya lanjut lagi ke S1 jurusan yg sama.saya mau alih kredit namun mata kuliah kebanyakan sudah beda.yg ingin saya tanyakan apa bisa saya mengajukan alih kredit dgn mata kuliah yg beda dan apa bisa penyesuaian atau di akui..Mohon pencerahannya.terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengajuan hanya yang sama, logis dan sesuai dengan mata kuliah tujuan.. jadi klo beda sama sekali ga bisa mas.. diambil ulang

      Delete
  72. Mas mw tnya untuk proses alih kredit yg sudah di kirim apakah nantinya ada balasan dr pihak kampus bahwasanya alih kredit sdh berhasil ataukah haru kita langsung yg terus menerus mengeceknya?? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti nanti akan ada hasil yang di tembuskan ke mahasiswa, untuk mengawal dan mengupdate info silahkan kontak hitungan 3 bulan setelah mengirimkan berkas ke fakultas agar tau progress nya

      Delete
  73. Mas jika pernah kuliah di pts lain lalu ingin kuliah di UT,tetapi ingin mulai dari semester 1 lagi apakah persyaratannya sama dgn alih kredit atau tidak ? Dan apakah perlu surat keterangan dari pts asal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dari awal tidak perlu mas. syarat secara umum saja, pengajuan alih kredit ini hanya untuk yang mau mempercepat saja

      Delete
  74. Nanya dong, berarti kalo seumpama saya dari PTN X, dan kena evaluasi atau DO, bisa alih kredit juga kan di UT?
    Soalnya saya baca di faq nya UT bunyinya kira2 gini, "....Pengakuan kredit dilakukan hanya terhadap matakuliah, tidak termasuk nilai ujiannya. Mahasiswa yang berasal dari program studi lain di lingkungan UT, baik yang statusnya aktif, non-aktif, maupun yang sudah lulus.", yang saya nangkepnya cuma mahasiswa non-aktif asal UT yang bisa ajuin alih kredit.
    Mohon bantuannya hehe

    ReplyDelete
  75. selamat sore mau nanya..
    saya mau mengajukan alih kredit dari pt lama jurusan sastra inggris ke UT jurusan sastra inggris juga.
    1. kalo misal judul mata kuliah di pt lama dengan UT berbeda tapi materi pengajaranya sama, apakah bisa di alih kreditkan?
    2. untuk di UT sastra inggris bisa ambil berapa SKS/semester?
    3. apakah bisa alih kredit dari PT lama ke UT tapi yang kuliah online? (jurusan sama)


    terimakasih banyak mas infonya :)

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. Saya semester 3 S1 adbi sipas ut, kalau mau pindah ke non sipas gak bisa alih kredit ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah sipas tidak bisa alih kredit lagi karena mata kuliahnya sudah paket.. jika masuk dari awal non sipas nanti bisa alih kredit lagi

      Delete
  78. Kalo mau pindah ke UT luar negeri bisa ngga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget kak.. silahkan kontak UT Layanan Luar Negeri di Pondok cabe ya kak

      Delete
  79. Saya semester 8 dari UIN Palembang. Kalau mau pindah ke UT tapi judul saya sudah di Acc . Bisa gak alih kredit ke UT. dan langsung mk skripsi?

    ReplyDelete
  80. Kalo hanya alih kredit skripsi aja bisa yaa ke UT? Dan untuk biaya brapa yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di UT tidak ada skripsi kak.. alih kredit untuk mata kuliah yang sama dan linear.. jika ada yang belum dibebaskan harus diambil kembali

      Delete
  81. Pagi pak,mohon maaf aa saya mahasiswa tingkat 3 di Ut (IPA)ambil sipas, jika saya ingin pindah jurusan ekonomi, bagaimana ya caranya? Jika memang daftar dari awal lagi, lalu bagaimana me non aktif kan jurusan IPA nya? Terimakasih.

    ReplyDelete
  82. Selamat malam kak, kalo alih kredit masukan D3 dari univ lain ke ut, di katalog kan masukan d3 cuma ambil 43 sks (16matkul) bener gak ya pemahaman sy ini? Mohon pnjelasannya ya

    ReplyDelete
  83. Maaf mau tanya, saya Sudah daftar Di ut, baru awal jadi Belum ikut tuton, DLL, klo mau pindah jurusan trs bisa daftar LG Gak ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dan silahkan mbak... daftar baru lagi....

      Delete
  84. Maaf mas mau tanya. Saya mhasiswa dari ptn smester akhir jurusan pendidikan bhsa ingg. Tinggal mau skripsi, tpi ad jg bbrapa matkul yg nilainya jeblok di ptn lama. Rencana nya mau pindah k ut, kalau mau alih kredit otu kira2 brp lama ya nunggunya ? Trus mksimal brp matkul yg bisa di alih kreditkan. Soalnya stelah sya cek matkulnya hmpir sbgian bsar sma. Hnya ada bbrp sja yg tdak. Itu gmna ya mas. Mhon petunjuknya

    ReplyDelete
  85. Maaf mau tnya, semisal pinfah dri UT tuban ke UT jkt itu bisa ngga ya? Dan biayanya berapa? Makasih sblmnya

    ReplyDelete
  86. maaf mau tanya juga. kalau melanjutkan dari D3 ke S1 UT, apakah juga harus mengikuti selama 8 semester ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus selama 8 semester, bisa lebih cepat

      Delete
  87. Maaf pak klo saya non aktif di univ yg lama 2 thun dan mau pindah ke ut dg alih kredit tanpa ada ttd dr univ sebelumnya hnya transkip nilai saja. Apakah bisa? Lantaran univ yg lama ga bisa buat surat pemindahan krn saya sudah non aktiv???

    ReplyDelete
  88. Assalamualaikum mas.. Saya mau tanya nih, misalkan saya daftar UT di jakarta karna saya kerja di jakarta, kuliah UT nya berjalan 1thn nihh.. Terus tiba2 di pekerjaan saya di pindahkan ke luar jawa papua,otomatis kan kuliah UT aku harus pindahkan.. Atau gimana mas? Mohon jawabanya ya mas .. Waalaikumsalam..

    ReplyDelete
  89. Mau tanya maaf . Saya kuliah di UT dan saya ngambil jalur non sipas. Apa harus melakukan alih kredit apa tidak? Trims mohon pencerahannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah mas nya lulusan D3? klo lulusan D3 sebaiknya lakukan alih kredit. caranya sudah dijelaskan di atas

      Delete
  90. Assallamualaikum pak, mau tanya jika alih kredit ambil prodi pendidikan ke ut apa wajib menyertakan surat keterangan mengajar dari sekolah? Mohon infonya, karna saya ingin sekali alih kredit di UT

    ReplyDelete
  91. Assalamu'alaikum.. pak mau tanya, untuk transkrip nilai harus langsung dikeluarkan dari kampus lama ya? Saya terkendala untuk meminta transkrip nilai karena harus membayar sekitar 20jt.. apa tidak bisa jika dengan daftar nilai persemester? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  92. Bisakah pindah jurusan dari pendas ke non pendas ya ?

    ReplyDelete
  93. Siang mas,, saya mau tanya untuk alih kredit dari S1 teknik sipil ke S1 hukum bisa gak ya... Terus kira2 kuliahnya berapa lama lagi. Tks

    ReplyDelete
  94. Daftar mata kuliah yang diajukan apakah ketikkan atau tulis tangan sendiri itu boss.
    minta infonya

    ReplyDelete
  95. Maaf kak, selamat pagi. Saya mau tanya kak, saya dari ptn lain misalkan saya ingin pindah ke Ut dengan prodi lain dan saya baru selesai semester 1. Apakah bisa kak, itu bagaimana caranya dan apakah saya tetap bisa akih kredit kak. Trimakasih.. mohon dijawab ya kak.:)

    ReplyDelete
  96. Saya lulusan D1 programstudi (Komputer Akutansi Perpajakan ) nih mas bisa gak sya lanjut ngambil Ilmu hukum Di UT dgn alih kredit mas?

    ReplyDelete
  97. Saya lulusan D1 programstudi (Komputer Akutansi Perpajakan ) nih mas bisa gak sya lanjut ngambil Ilmu hukum Di UT dgn alih kredit mas?

    ReplyDelete
  98. Saya lulusan D1 programstudi (Komputer Akutansi Perpajakan ) nih mas bisa gak sya lanjut ngambil Ilmu hukum Di UT dgn alih kredit mas?

    ReplyDelete
  99. Kak,, mau tanya, untuk mahasiswa do masih bisa lanjut ke UT ngak

    ReplyDelete
  100. Kak sy mhsw smter 6 d pts, kalau mau pindah ke ut apa masih bisa? Trus brpa lama kira2 sy bisa lulus, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah dengan jurusan yang sama? cek kurikulumnya untuk memastikannya

      Delete
  101. Kak saya dari jur Hukum Bisnis Syariah di sebuah PTN gagal tinggal skripsi saja...bisakah saya ambil alih kredit ilmu hukum di UT?

    ReplyDelete
  102. Saya mahasiswa fak hukum drop out dari UII tahun 2018 karena tidak menyelesaikan skripsi, di uii tinggal skripsi aja. Apa saya bisa melajutkan di UT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas.. ajukan alih kredit.. mgkn yang di konversi hanya sekitar 70-80% saja dan yang kurikulumnya sama

      Delete
  103. siang kak, saya mau tanya, apakah saya masih bisa mengirimkan berkas alih kredit ke ut pusat? sementara saya skrg sudah berstatus mahasiswa ut jurusan manajemen dan mau memasuki semester 3. apakah masih bisakah? atau sudah terlalu lama? saya takut pihak ut pusat tidak memprosesnya lagi. mohon pencerahannya kak..

    ReplyDelete
  104. Kak maaf saya mau tanya, saya mendaftar alih kredit dari d3 ke s1 melalui pokjar kota saya. Pada awal pendaftaran saya sudah melengkapi berkas untuk alih kreditnya, namun barusan saya konfirmasi ke hallo-ut ternyata berkas saya blm diterima oleh kantor pusat. Apakah kalo mengirim berkas alih kredit lagi masih bisa diproses ya? Saya pusing, saya posisi kerja, tapi saya menghubungi pokjar saya tidak ada respon, saya tanya hallo-ut ternyata berkas blm sampai. Saya bsk baru mau ke pokjar saya menanyakan progress alih kredit saya, semisal memang blm diproses saya akan kirim sendiri. Tp saya bingung apakah masih bisa alih kredit setelah 1 semester dari pendaftaran. Mohon pencerahannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa slahkan disusulkan kembali berkasnya mbak

      Delete
  105. Cara alih kredit, apakah daftar dulu ke UT seperti mahasiswa baru lalu mengirim berkas alih kredit? Atau bagaimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendaftar dlu karena salah satu persyaratannya memiliki kartu mahasiswa

      Delete