Wednesday, 5 June 2019

Ketinggalan Pesawat, Apa yang harus kita Lakukan???

Menghubungi Staf Maskapai
Hal yang pertama kita lakukan adalah dengan menghubungi maskapai atau staf di check-in counter, Avsec atau petugas bandara tersebut, hal ini agar kita mendapatkan informasi secara detail, rinci dan resmi terkait penerbangan yang sudah kita pilih. Jika kita masih di perjalanan, bisa menghubungi kontak atau informasi pada sosial media maskapai tersebut, jika kesulitan bisa menggunakan bantuan agen travel atau petugas yang ada pada saat layanan lain sedang sibuk atau tidak bisa di akses.  

Penyebab dan Dampaknya
Setelah mendapatkan informasi tersebut, kita lihat apakah kesalahan kita atau dari maskapai karena informasi yang tidak sesuai. Pahami penyebab dan dampak dari kesalahan informasi, apakah dari data yang tidak akurat, perjalanan ke bandara yang sangat padat serta perubahan jadwal penerbangan yang terjadi sewaktu-waktu sehingga mengakibatkan kita ketinggalan pesawat. Intinya, jangan panik dan juga jangan selalu emosi, saya seringkali melihat orang memaki atau memarahi petugas di lapangan jika ketinggalan pesawat, hal ini tidak selalu benar karena petugas di lapangan hanya menjalankan regulasi dan informasi yang diputuskan dari atasan atau maskapai tersebut, tanyakan dengan bahasa yang baik dan sopan. 

Penjelasan Dari Maskapai Penerbangan
Setiap maskapai penerbangan mempunyai prosedur, aturan dan kebijakan yang berbeda terhadap penumpang yang tertinggal pesawat. Jika kesalahan terdapat pada maskapai penerbangan, infokan rencana dan prosedur yang diarahkan oleh petugas di counter atau maskapai penerbangan. Ada beberapa maskapai yang memberikan refund (meskipun sekitar 10-15% persen), potongan harga untuk penerbangan berikutnya hingga opsi penerbangan lain. Jika kesalahan karena kelalaian kita dalam memahami waktu, jadwal, lokasi maupun tempat, mintalah bantuan dan jelaskan posisi kita sehingga kita dapat dibantu dalam memesan ulang penerbangan lain ke kota tujuan. 
Beberapa tahun yang lalu saya pernah menaiki pesawat dari Hong Kong ke Shanghai, setelah lepas landas selama 25 menit pilot memutuskan kembali ke bandara karena ada getaran yang berbeda di sisi kanan pesawat, pilot hanya menjelaskan bahwa pesawat tersebut layak terbang hanya dia lebih memilih keselamatan penumpang karena getaran di sayap tersebut, selanjutnya petugas di lapangan akan mengarahkan prosedur selanjutnya. Hal yang membuat saya senang adalah maskapai tersebut memberikan 20% uang tambahan, makan malam gratis di bandara dengan menunjukkan boarding pass di semua gerai makanan bandara serta pesawat baru untuk penerbangan berikutnya, hanya saja kami tidak diperbolehkan memfoto atau merekam kejadian tersebut demi citra baik maskapai tersebut.

Selalu Perhatikan Pengumuman di Bandara




Ada banyak cara pengumuman yang dilakukan oleh maskapai dalam memberikan informasi terkait penerbangan tertentu. Secara umum informasi bisa dilihat pada papan informasi penerbangan, panggilan suara hingga petugas informasi yang berada di lokasi tersebut. Pastikan kita bisa mendapatkan informasi terkini, valid dan tepat sehingga kita bisa menunggu dan melakukan penerbangan sesuai dengan jadwal dan tidak tertinggal.




No comments:

Post a Comment